Produk Obat China Yang Wajib Dibawa Saat Camping


Camping adalah salah satu aktifitas favorit saya sejak bertahun-tahun yang lalu. Beberapa gunung, bukit, pantai, pulau, danau, dll sudah pernah kami datangi untuks ekedar mendirikan tenda & menginap semalam disana merasakan sensasi menyatu seharian dengan alam.

Saat berjalan menuju lokasi, trek yang dilalui pun bermacam-macam. Bebatuan, lumpur, duri, semakbelukar, pasir dll pun menjadi pemandangan sehari-hari sehingga luka, terkilir, gigitan serangga dll mungkin menjadi salah satu pengalaman yang menarik selama camping.

Berikut obat-obatan yang biasa saya bawa selama camping dimanapun :

1. ZAMBUK
Zambuk adalah sejenis balsem. bentuknya persis balsem seperti balsem pada umumnya. Zambuk memiliki segudang manfaat jika dibawa camping, diantaranya sangat ampuh mengobati luka atau rasa gatal saat digigit serangga selama memasuki hutan. Ketika tiba-tiba terasa gatal karena digigit nyamuk atau serangga tidak dikenal, langsung saya olesin ini di bagian yang gatal & hanya dalam hitungan menit langsung sembuh.

Zambuk juga mampu mengobati luka memar yang biasanya disebabkan oleh terbentur benda keras. Dulu pernah punya saudara yang kakinya memar karena terjatuh, terlihat lebam & kemarahan di dalam, langsung diolesin ini aja, insyaallah setelah istirahan bentar langsung enakan.

Saya juga pernah punya pengalaman tersenggol api bahkan tersiram minyak panas di bagian tangan karena saking semangatnya masak makan malam saat camping hehehe... tinggal diolesin aja panas terbakar di kulit langsung mereda. Walaupun sembuhnya agak lama ya.. :)

Intinya Zambuk ini mampu mengobati iritsi di luar kulit yang tidak memiliki luka terbuka. Pokoknya recomended banget lah di Zambuk ini dibawa kemanapun kalian bepergian. Harganya juga murah sekitar 10rb-an untuk ukuran kecil & 20rb-an untuk ukuran besarnya. Tersedia juga ukuran yang tube paling besar dengan harga sekitar 40rb-an. Tapi kalau saya sendiri yang paling kecil aja gak abis-abis udah setahun lebih dibawa-bawa. :D

2. TIEH TA YAO GIN
Nah, berbeda dengan zambuk yang digunakan untuk obat luar, Tieh Ta Yao Gin (saya nyebutnya tetayogin) ini digunakan untuk luka terbuka alias yang mengeluarkan darah. Kalau kamu berdarah karena jatuh, terbeset pisau, tertusuk duri, pokoknya apapun lah yang sifatnya luka terbuka atau kulit yang robek hingga berdarah, si tetayogin ini obatnya.

Ada yang bilang, ini seperti betadin cina. heheh.. ya fungsinya mirip betadin sebagai antiseptik, tapi ini lebih mujarab berdasarkan pengalaman saya. Teksturnya cair, tapi agak kental dari betadin dan akan menjadi sangat lengket setelah disiramkan ke luka, sehingga awet menutupi luka terbuka.

Sensasi nya kalau luka berdarah disiram ini, WOW.. hahaha... asik-asik serem ginamaaa gitu. Kalian pasti paham lah.. jauh lebih perih dari betadine tentunya. Tapi perih luar biasa itu hanya berlangsung 1-2 menit. Selanjutnya dijamin luka langsung kering. Gak lebih dari 12 jam koreng nya langsung muncul sebagai tanda-tanda luka sembuh. Soal harga bervariasi, sekitar 20rb-an. Sangat murah menurut saya kalau dibanding sama Fungsinya.

3. ZHENG GU SHUI
Yang ketiga ada zheng gu shui alias obat yang harganya paling mahal dibanding 2 obat diatas.botol kecil harganya 40rb-an, botol besar bisa mencapai 60-70rb-an. tapi kualitasnya sangat cihuyy.

Zheng gu shui ini pada dasarnya adalah obat patah tulang, tapi saya biasa mengoleskannya untuk nyeri tubuh & beneran sembuh dalam sekejap.

Alhamdulillah saya gak pernah sampai patah tulang walaupun sudah puluhan kali mendaki gunung & masuk-masuk hutan. tapi pernah kejadia kaki tiba-tiba aja keram di bagiacepat n tapak, kayak sakit ketika dibawa jalan & susah dibengkokkan. Ada yang bilang katanya diganggu "penghuni hutan" dll.. halah.. saya gak percaya begituan. Kami langsung istirahat sejenak & mengoles obat ini di bagian keram. Diurut sendiri tanpa bantuan teman sekitar 10 menit, & WOW langsung sembuh 100% sama sekali gak sakit lagi. hahaha... penting banget kan obat ini untuk para pejalan jauh & para pendaki.

Obat ini juga sangat ampuh mengobati memar atau luka dalam, lebam dll seperti halnya zambuk, tapi si zheng gu sui ini jauh lebih cepat mengobati menurut saya. Pokoknya luka2 dalam, terkilir, sekeleo, nyeri pinggang, sendi, sampai patah tulang, zheng gu shui alhinya. Hahaha...

Oiya, saya juga sering meneteskan 3-5 tetes zheng gu shui di lutut sambil di oles-oles rata agar lutut semakin kuat menopang beban selama berjalan mendaki ke atas. Nggak lupa pula 3-5 tetes di pundak sambil dipijat sedikit agar pundak kuat menahan tas carrier selama perjalanan mendaki.

SEKIAN DARI SAYA...
Intinya gak rugi deh kamu sediain 3 obat ini kemanapun kamu bepergian karena punya peranan penting banget dalam P3K. Untuk obat-obatan lain yang wajib saya bawa selama camping, jangan lupa baca pstongan selamjutnya ya..
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama