Mengatasi Error Aplikasi Foto Windows 10 "The app didn't start."


Mungkin kamu pernah mengalami hal seperti ini. Saat membuka foto menggunakan aplikasi bawaan windows bernama Photos malah keluar notifikasi seperti gambar diatas.

Sebenernya ada banyak aplikasi penampil foto yang bisa kamu pakai sih, misalnya Irfanview, salah satu aplikasi penampil foto terbaik yang saya gunakan. Selain gratis, sangat cepat, fiturnya juga cukup lengkap.

Penyebab Error
Error ini bisa disebabkan karena laptop kamu terlalu rajin update. Heheh.. Dari beberapa kasus error yang dialami banyak pengguna windows 10, Error ini muncul setelah mereka melakukan update. So, apakah update tidak perlu ?.. Ya tentu sangat perlu untuk keamanan komputer kamu. Karena sesungguhnya keamanan komputer jauh lebih penting dari kehadiran aplikasi foto bawaan windows.

Solusi
Saya pernah mencoba meng-uninstall aplikasi Photos dengan Windows PoweShell kemudian meng-install lagi aplikasi Photos dari Microsoft Store. Karena aplikasi Photos tidak memiliki menu uninstall, maka kita harus menghapusnya secara manual menggunakan Windows PowerShell.

Alhasil, notif "The app didn't start." masih saja muncul. Kalau sudah begini, sudah susah sob. Lebih baik hapus saja aplikasi Photos kamu dan gunakan aplikasi penampil foto lain seperti IrfanView.

Yuk lihat cara menghapus aplikasi Photos menggunakan Windows PowerShell.

Klik Start
Ketik PowerShell
Kemudian akan muncul menu Windows PowerShell. Langsung klik aja & akan terbuka seperti gambar diatas.

Langsung ketik Get-AppxPackage -AllUsers
Tekan Enter, kemudian akan tampil seluruh list aplikasi bawaan

Lalu Ketik Get-AppxPackage *photo* | Remove-Appxpackage
Nantinya akan keluar teks-teks berlatar hijau menandakan proses penghapusan sedang berlangsung.
Setelah teks-teks tersebut hilang, maka tampilan Windows PowerShell akan seperti gambar diatas.

SELESAI
Aplikasi Photos sudah hilang dari komputer kamu.
Setelah itu tinggal download IrvanView & Install.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama