Air Terjun Satu Hati, Nyaman & Dekat Dari Kota Medan

Halo guys, masih bareng saya andriodev yang masih hobi menapaki kaki ke pelosok sumut. Kali ini kita jalan-jalan ke 1 air terjun yang cukup dekat dari kota medan. Namanya Air Terjun Satu Hati.


Menuju Lokasi
Berlokasi di daerah Sibolangit - Sumatera Utara, saya rasa ini air terjun terdekat dari kota medan yang bisa kalian nikmati. Hanya sekitar 2 jam dari medan. Gak jauh kan ? :)

Untuk menuju kemari, saya biasanya melalui jalur ringroad atau setia budi. Tinggal lurus aja menuju Jl.Jamin Ginting sekitar 2 jam. Setelah 2 jam perjalanan nantinya kalian akan menemukan kawasan Hillpark di sebelah kiri. Sampe disini, bererhenti sejenak dulu. Cek dulu temen-temen rombongan touring lengkap semua atau ada yang nyangkut di toilet pinggir jalan.. hehehe..

Setelah anggota lengkap, lanjut lurus lagi ke arah berastagi. Nantinya kalian akan melewati bumi perkemahan sibolangit di sebelah kanan. Itu artinya, 5 menit lagi akan tiba di lokasi. Setelah menemukan plang ini di sebelah kiri :


Itu artinya siap-siap belok ke kiri. Tinggal lurus aja sampai ke dalam. Mentok pertigaan, belok kanan sampai tiba di restoran terapung tibrena mekar kemudian tanya aja sama penduduk sekitar arah pintu air terjun.

Kalau saya sih menginap dari semalam, bersama rombongan mahasiswa STT Sinar Husni dari berbagai jurusan. Malam ini acara makrab alias Malam Akrab, yaitu malam keakraban mahasiswa & dosen antar jurusan.


Di malam ini kami menyewa villa untuk 1 malam plus api unggun nya. Di malam ini didiskusikan bagaimana perkembangan perkuliahan, ide penelitian & harapan kedepan tentang perkuliahan. Tapi ah.. sudahlah.. kok jadi bahas kampus ?.. hahaha..

Trekking
Untuk bisa sampai ke lokasi dari parkiran motor, kami membutuhkan waktu turun kebawah hanya sekitar 10 menit. Model trekking cukup curam jika dilalui anak-anak dibawah usia sekolah. Tanahnya naik turun dan beberapa kali melewati tangga yang dibuat dari akar & kayu. Walaupun begitu, ada saja orang tua yang datang kemari bawa anak-anak. Tapi kelihatannya mereka nggak kelelahan kok.. mungkin karena turun ya.. saya gak pernah liat pas naik nya.. hahaha...

Sepanjang trekking, awalnya kami disuguhkan dengan pemandangan ladang kopi penduduk setempat. Kemudian di mulai trekking menurun, kami dusuguhkan dengan pemandangan hutan alam yang benar-benar asri ditemani suara air terjun dari kejauhan dan suara-suara burung khas hutan.

Suasana Air Terjun
Tempatnya masih asri banget. Memang, air terjunnya nggak tinggi-tinggi banget, tapi cukup memuaskan untuk melepas penat setelah sebulan di kantor terus. Soal kebersihan, alhamdulillah cukup memuaskan. Tempatnya bersih, persentase kekotorannya hanya sekitar 5% saja.

Airnya super dingin banget, suhunya sekitar 10℃ mungkin karena air alami ya.. Udara disini juga super bersih.. dijamin bikin dada kamu plong & super lega. Mungkin karena berada di tengah hutan yang jauh dari suasana perkotaan. Yang jelas, sehat banget & bikin betah.


Untuk fasilitas, di pintu masuk tadi ada penginapan & restoran terapung yang bisa disinggahi untuk istirahat sejenak atau makan. Ini jadi nilai plus. Sesampai di lokasi, tersedia pondok & toilet. Pondoknya aman dari hujan. Toiletnya terlihat agak "dadakan" tapi bersih & tidak bau. :) untuk cowok sepertinya aman-aman aja. Kalau untuk cewek mungkin harus diawasi ya karena sedikit terbuka.. hehehe..

Budget
Biaya pokok hanya tiket masuk saja sebesar 10.000 rupiah, tidak ada yang lain. Selebihnya palingan bensin PP 20.000. Makan siang & snack sekitar 20.000. Tidak ada biaya parkir, toilet maupun pemandu wisata. Low Budget banget.. :)

Tips nya, lebih baik bawa makan siang dari rumah. Makan di restoran tibrena juga bisa. Nasi goreng spesial nya enak, harganya juga standart 15.000 pake ayam goreng & sambel nya. Jangan lupa bawa nesting & kompor buat ngeteh atau ngopi di bawah, karena yang dingin-dingin enaknya minum yang anget-anget.. hehehe...

Penilaian
Untuk penilaian, kayaknya cukup bagus ya..
Reachable (lokasi mudah dijangkau dari kota)  ★★★★★
Track (kesulitan akses dari parkiran menuju lokasi)  ★★★☆☆
Atmosphere (kenyamanan suasana di lokasi wisata)  ★★★★☆
Low Budget (tingkat kemurahan biaya wisata)  ★★★★★
Facilities (kelengkapan fasilitas di lokasi wisata)  ★★★☆☆

Ending
Kami pulang sekitar jam 3 sore untuk bergegas agar gak kemaleman sampai medan. By the way, cukup memuaskan lah ya.. low budget, suasana keren, deket dari kota, trekking nya juga singkat & gak terlalu susah, dan yang jelas mampu bikin hati & pikiran saya adem selama di lokasi. Cukup banyak membuang perasaan galau & lelah yang selama ini menyelimuti hati & pikiran.. Hahaha...


Oke guys, sekian dulu ya.. jangan lupa baca review-review traveling lainnya hanya di andriodev.com
Jangan lupa piknik bareng temen-temenmu !. ;)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama