Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak & Gim - 10 PPLG
SEMESTER GANJIL
Semester ganjil ini akan menitikberatkan pada pengenalan berpikir komputasi, algoritma, dan konsep pemrograman fundamental menggunakan Python. Fokus utamanya adalah memahami bagaimana komputer berpikir dan bagaimana kita memberi instruksi.
1. Apa Itu Komputer dan Program?
↪
Mengenal komponen dasar komputer.
↪
Apa itu program komputer dan siapa yang membuatnya (programmer)
↪
Contoh program sederhana di kehidupan sehari-hari (kalkulator, aplikasi HP)
2. Mengenal Algoritma: Resep untuk Komputer
↪
Definisi algoritma sebagai langkah-langkah terstruktur.
↪
Pentingnya urutan langkah yang jelas.
↪
Contoh algoritma sederhana (misalnya: cara membuat kopi, menyeberang jalan).
3. Flowchart: Peta Alur Program
↪
Pengenalan flowchart sebagai cara visual menggambarkan algoritma.
↪
Simbol-simbol dasar flowchart (start/end, process, input/output).
↪
Praktik membuat flowchart untuk algoritma sederhana.
4. Pseudocode: Menulis Instruksi Tanpa Bahasa Pemrograman
↪
Pengenalan pseudocode sebagai cara menulis algoritma dengan bahasa mirip manusia.
↪
Praktik menulis pseudocode untuk algoritma sederhana.
↪
Perbandingan flowchart dan pseudocode.
5. Memulai dengan Python: "Halo Dunia!" Pertamaku
↪
Mengapa belajar Python (mudah dibaca).
↪
Instalasi Python dan IDE sederhana (misalnya: Thonny atau online editor).
↪
Menulis dan menjalankan program pertama: print("Halo, Dunia!").
6. Variabel dan Tipe Data: Menyimpan Informasi
↪
Konsep variabel sebagai "wadah" penyimpanan data.
↪
Jenis-jenis data dasar: Angka (bilangan bulat, desimal) dan Teks (string).
↪
Contoh penggunaan dan penamaan variabel.
7. Operasi Matematika Sederhana
↪
Mengenal operator matematika dasar (+, -, *, /).
↪
Praktik perhitungan sederhana dengan variabel.
8. Input dan Output: Berkomunikasi dengan Pengguna
↪
Cara menampilkan informasi (print()) ke layar.
↪
Cara menerima informasi (input()) dari pengguna.
↪
Praktik membuat program yang bertanya nama dan menyapa.
9. Percabangan if: Membuat Keputusan
↪
Konsep percabangan: program bisa memilih jalur instruksi.
↪
Sintaks dasar if dan else.
↪
Contoh: Menentukan apakah sebuah angka positif atau negatif.
10. Perulangan for: Mengulang Tugas
↪
Konsep perulangan: menjalankan instruksi berulang kali.
↪
Sintaks dasar for loop (misalnya: mengulang 5
↪
Contoh: Menampilkan hitungan angka 1 sampai 10.
11. List: Kumpulan Barang dalam Satu Wadah
↪
Konsep List sebagai kumpulan data yang terurut.
↪
Cara membuat dan mengakses elemen dalam list.
↪
Menambah dan menghapus elemen dari list.
12. Perulangan dengan List
↪
Mengulang instruksi untuk setiap item dalam list (for item in list).
↪
Contoh: Menampilkan semua nama dari list nama siswa.
13. Dictionary: Kamus Data
↪
Konsep Dictionary sebagai kumpulan data dengan "kata kunci" (key) dan "nilai" (value).
↪
Cara membuat dan mengakses nilai dalam dictionary berdasarkan kunci.
↪
Contoh: Menyimpan data siswa (nama, usia, kelas).
14. Struktur Data Lain (Pengenalan Singkat)
↪
Pengenalan singkat tentang Tuple (list yang tidak bisa diubah) dan Set (kumpulan item unik).
↪
Kapan menggunakan masing-masing struktur data (sekilas).
15. Fungsi: Blok Kode Siap Pakai
↪
Konsep fungsi: bagian kode yang bisa dipanggil berulang kali.
↪
Manfaat fungsi: kode lebih rapi dan bisa dipakai ulang.
↪
Contoh fungsi sederhana tanpa input atau output (misalnya: fungsi sapa_dunia()).
16. Fungsi dengan Input (Parameter)
↪
Memberikan informasi ke fungsi melalui parameter.
↪
Contoh: Fungsi sapa_nama(nama) yang menyapa berdasarkan nama yang diberikan.
17. Fungsi dengan Output (Nilai Kembali)
↪
Fungsi yang menghasilkan atau mengembalikan sebuah nilai (return).
↪
Contoh: Fungsi tambah(angka1, angka2) yang mengembalikan hasil penjumlahan.
18. Modul: Koleksi Fungsi Bawaan
↪
Mengenal modul sebagai kumpulan fungsi siap pakai.
↪
Contoh penggunaan modul math (misalnya: math.sqrt()).
↪
Cara mengimpor modul.
19. Penanganan Kesalahan Dasar
↪
Mengenal jenis-jenis kesalahan program (error) yang sering terjadi.
↪
Konsep dasar try-except untuk mencegah program berhenti mendadak (sekilas).
20. Proyek Mini 1: Program Interaktif Sederhana
↪
Membuat program kalkulator sederhana (penjumlahan, pengurangan) dengan input/output.
↪
Atau program tebak angka sederhana.
↪
Menerapkan variabel, input/output, percabangan, dan perulangan.
SEMESTER GENAP
Semester genap ini akan memperkenalkan siswa pada pengembangan aplikasi dengan Antarmuka Grafis (GUI) menggunakan Visual Basic .NET di Visual Studio. Fokusnya adalah membuat program yang memiliki "tombol" dan "layar" yang bisa berinteraksi dengan pengguna.
1. Apa Itu Aplikasi GUI?
↪
Perbedaan program berbasis teks (konsol) vs. program berbasis tampilan (GUI).
↪
Contoh aplikasi GUI yang sering digunakan (browser, aplikasi Office).
↪
Manfaat membuat aplikasi GUI.
2. Instalasi dan Antarmuka Visual Studio
↪
Instalasi Visual Studio Community Edition.
↪
Pengenalan area kerja utama Visual Studio (Toolbox,Properties Window, Solution Explorer, Form Designer).
↪
Membuat proyek Windows Forms App pertama.
3. Mendesain Form: Layout Dasar
↪
Konsep Form sebagai "jendela" aplikasi.
↪
Cara menambahkan komponen (Kontrol/Controls) seperti Label dan Button ke Form.
↪
Mengubah properti dasar kontrol (teks, ukuran, warna) melalui Properties Window.
4. Aplikasi "Halo Dunia!" GUI Pertamaku
↪
Menambahkan Label dan Button ke Form.
↪
Menulis kode dasar di Event Handler (saat tombol diklik) untuk menampilkan pesan "Halo, Dunia!" di Label.
↪
Menjalankan dan menguji aplikasi.
5. Mengambil Input dengan TextBox
↪
Menggunakan kontrol TextBox untuk menerima input teks dari pengguna.
↪
Mengakses teks yang diketik pengguna dari TextBox.
↪
Praktik: Aplikasi yang mengambil nama dari TextBox dan menampilkannya di Label.
6. Variabel dan Operasi Dasar di VB.NET
↪
Deklarasi variabel (Dim nama As String, Dim umur As Integer).
↪
Operasi penjumlahan, pengurangan, dll. dengan nilai dari kontrol.
↪
Konversi tipe data dari teks ke angka (misalnya: CInt(), CDbl()).
7. Membuat Keputusan dengan If...Then...Else
↪
Menerapkan percabangan If...Then...Else dalam kode VB.NET.
↪
Contoh: Tombol yang menampilkan pesan berbeda berdasarkan input di TextBox (misalnya: lulus/tidak lulus).
8. Pilihan dengan CheckBox dan RadioButton
↪
Menggunakan CheckBox untuk pilihan ya/tidak atau beberapa pilihan.
↪
Menggunakan RadioButton untuk pilihan tunggal dari beberapa opsi.
↪
Praktik: Form pemesanan dengan pilihan tambahan (misalnya: pakai keju / tidak).
9. Daftar Pilihan dengan ComboBox dan ListBox
↪
Mengenal ComboBox (dropdown list) dan ListBox (daftar pilihan).
↪
Menambahkan item ke daftar.
↪
Mendapatkan item yang dipilih oleh pengguna.
↪
Praktik: Pemilihan kota dari daftar.
10. Pesan Pop-up dengan MsgBox
↪
Menggunakan MsgBox untuk menampilkan pesan notifikasi atau konfirmasi kepada pengguna.
↪
Contoh: MsgBox("Data berhasil disimpan!") atau MsgBox("Anda yakin ingin keluar?", MsgBoxStyle.YesNo).
11. Perulangan For...Next: Mengulang Tugas di GUI)
↪
Menerapkan perulangan For...Next dalam konteks GUI.
↪
Contoh: Mengisi ListBox dengan angka 1 sampai 10 secara otomatis.
12. Prosedur (Sub) dan Fungsi (Function): Mengorganisir Kode
↪
Konsep Sub (prosedur) untuk blok kode yang melakukan tugas.
↪
Konsep Function untuk blok kode yang menghitung dan mengembalikan nilai.
↪
Manfaat: Kode lebih rapi dan mudah diatur.
↪
Praktik: Membuat Sub untuk membersihkan TextBox, atau Function untuk menghitung total belanja.
13. Penanganan Error Dasar di VB.NET (Try...Catch)
↪
Mengenal runtime error di aplikasi GUI (misalnya: user input teks saat diharapkan angka).
↪
Penggunaan Try...Catch untuk mencegah aplikasi crash.
↪
Praktik: Menangani input angka yang salah pada kalkulator.
14. Dasar Membaca dan Menulis File Teks
↪
Konsep dasar membaca dan menulis data ke file teks sederhana.
↪
Menggunakan tombol untuk menyimpan atau memuat teks dari file.
↪
Praktik: Aplikasi catatan sederhana yang bisa menyimpan ke dan memuat dari file.
15. Proyek Mini 2: Kalkulator GUI Sederhana
↪
Membuat aplikasi kalkulator dengan tombol angka, operator, dan tampilan hasil.
↪
Menerapkan TextBox, Button, Label, dan logika percabangan/perulangan jika diperlukan.
16. Kontrol Lanjutan: DateTimePicker dan Timer
↪
Penggunaan DateTimePicker untuk memilih tanggal dan waktu.
↪
Penggunaan Timer untuk fungsi yang berjalan otomatis setiap interval waktu tertentu.
↪
Praktik: Aplikasi sederhana untuk menampilkan tanggal saat ini atau countdown.
17. Debugging: Mencari dan Memperbaiki Kesalahan
↪
Mengenal alat debugging di Visual Studio (Breakpoint, Step Over, Step Into).
↪
Cara mencari tahu mengapa program tidak berjalan sesuai harapan.
↪
Pentingnya membaca error message.
18. Praktik Pemrograman yang Baik
↪
Pentingnya memberi nama yang jelas pada variabel dan kontrol.
↪
Menambahkan komentar pada kode untuk penjelasan.
↪
Menjaga tampilan GUI tetap rapi.
19. Proyek Akhir: Aplikasi Formulir Data Sederhana
↪
Membuat aplikasi formulir dengan beberapa input (TextBox, ComboBox, RadioButton, CheckBox).
↪
Menyimpan data dari formulir ke file teks (misalnya: CSV sederhana).
↪
Menampilkan data yang sudah disimpan.
↪
Fokus pada interaksi UI yang lancar.
20. Presentasi Proyek dan Diskusi
↪
Siswa mempresentasikan aplikasi yang telah mereka buat.
↪
Diskusi tentang tantangan yang dihadapi dan solusi yang ditemukan.
↪
Gambaran singkat tentang langkah selanjutnya setelah menguasai dasar.